Makanan Untuk Mata Sehat : Mengapa Anda Membutuhkan Lutein dan Zeaxanthin

Makanan Untuk Mata Sehat : Mengapa Anda Membutuhkan Lutein dan Zeaxanthin

Jika Anda ingin mencegah kondisi mata seperti degenerasi makula dan katarak, cara yang baik untuk memulai adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Anda membutuhkan nutrisi dan makanan khusus untuk mata yang sehat, tetapi yang perlu diperhatikan adalah lutein dan zeaxanthin. Apa yang mereka dan bagaimana mereka menjaga mata Anda sehat?

Hasil gambar untuk mata sehat

Lutein dan zaexanthin adalah karoten, pigmen yang memberi warna merah, oranye, dan kuning pada tanaman. Di antara fungsinya adalah melindungi tanaman dari sinar cahaya berenergi tinggi yang disebut cahaya biru. Zat ini juga sangat terkonsentrasi di makula mata, memberikan warna kekuningan. Faktanya, makula mengandung bentuk ketiga karotenoid, seperti yang dinyatakan dalam penelitian terbaru. Pigmen ini, yang disebut meso-zeaxanthin, diproduksi di retina menggunakan lutein yang tertelan dan tidak ditemukan di sumber makanan apa pun.

Manfaat Lutein Dan Zeaxanthin


Manfaat utama lutein, zeaxanthin, dan meso-zeaxanthin ada hubungannya dengan bagaimana mereka melindungi mata dari cahaya biru. Mereka memblokir cahaya biru dari mencapai retina yang mencegah oksidasi yang diinduksi cahaya yang mengarah ke degenerasi makula (AMD). Mereka juga bekerja dengan antioksidan lain seperti vitamin C dan E dan beta-karoten untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan banyak penyakit.

Manfaat dari ketiga karotenoid ini didokumentasikan dengan baik dalam sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal terkemuka. The American Journal of Epidemiology, Ophthalmology, dan Archives of Ophthalmology merilis penelitian yang mengaitkan lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi dengan insiden degenerasi makula yang rendah. Dua studi dalam Investigative Ophthalmology dan Visual Science menemukan hasil yang kurang lebih sama dalam peningkatan kadar pigmen makula berarti risiko yang lebih rendah dari pengembangan AMD.

Lebih lanjut, Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS dan AREDS2) merumuskan antioksidan harian yang mengandung vitamin C dan E, seng, dan tembaga, serta lutein dan zeaxanthin. Ditemukan bahwa kombinasi ini mengurangi risiko pengembangan AMD sebesar 10 hingga 25 persen. Penelitian tersebut tidak menjelaskan apakah lutein dan zeaxanthin juga mengurangi risiko katarak.

Makanan Yang Mengandung Lutein Dan Zeaxanthin


Kedua nutrisi ini berlimpah dalam sayuran hijau dan kuning, terutama yang berdaun. Bayam yang dimasak dan kangkung yang dimasak dianggap sumber utama. Mereka juga ditemukan dalam sumber-sumber non-vegetarian, terutama kuning telur. Namun, akan lebih baik untuk tetap berpegang pada item vegetarian jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi.

Kesimpulan dari Makanan Untuk Mata Sehat : Mengapa Anda Membutuhkan Lutein dan Zeaxanthin


Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tetap sehat dan bebas dari penyakit. Mengkonsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin adalah cara yang baik untuk mempertahankan penglihatan yang bagus.

0 Response to "Makanan Untuk Mata Sehat : Mengapa Anda Membutuhkan Lutein dan Zeaxanthin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel